Rabu, 15 April 2009

Tidur Siang

Tidur adalah kata kerja yang semua orang bisa melakukannya (kecuali tidak ngantuk atau sedang tidak tidur..).
Ketika orang tidur ia pasti................. memejamkan mata.
Banyak cara orang lakukan untuk membuat tidurnya senyaman mungkin.
Ada yang membuat nyaman tempat tidur dan kamar tidurnya. Misalnya dilengkapi dengan pendingin udara (AC alias Air Conditioner sanes Angin Cepoy-cepoy), music player yang mengiringinya ke alam mimpi (saya rekomendasikan lagu-lagu slow karena kalau lagu-lagu rock yang keras-keras selain tidak akan bisa tidur juga akan dicarekan tatangga), penataan lampu yang sedemikian rupa, penataan warna cat kamar, dsb.
Tapi ada tidur yang tidak perlu dinyaman-nyaman seperti itu.
Dia adalah tidur siang.
Keunggulan tidur siang adalah:
1. Bisa dilakukan di mana saja
Kalo tidur biasa alias tidur malam harus dan seharusnya di kamar tidur, maka tidur siang bisa dimana saja. Misal: di dalam becak (bagi tukang becak), di dalam bis (bagi penumpang bis saja, karena kalo supir yang tidur bisa tabrakan, kalo kondektur yang tidur tidak bisa narik ongkos dari penumpang), di atas meja sekolah (ini khusus bagi siswa-siswi yang kebluk atau jangan-jangan tidak tidur semalaman karena belajar?), di kursi kantor, di kursi DPR (aduh ngisinkeun nya?), di dalam kereta api, pesawat terbang (bukan pesawat telepon), dan lain-lain lah pokonamah.
2. Bisa dilakukan kapan saja
Misal: Pagi-pagi bagi yang kebluk, siang hari bagi yang sudah cacapean paginya, atau sore hari bagi yang ngantuk (semuanya juga ngantuk kalo pengen tidur mh ya?)
3. Menyegarkan
Tips agar tidur siang menyegarkan adalah :
- Jangan tidur lebih dari 1 jam karena akan "baruten" dan kesananya akan rieut.
- Jangan tidur di bawah sinar matahari (teu kira-kira we eta mah)
- Jangan tidur di tempat-tempat yang dilalui orang, misal gang, eskalator, pintu supermarket, dsb.
- dsb juga.....
4. Tidak diganggu nyamuk
Biasanya sebelum tidur malam hari orang-orang sibuk mempersiapkan persenjataan untuk melindungi mereka dari gangguan nyamuk-nyamuk yang terkutuk, misal pake lotion, obat nyamuk bakar, semprot, tempel, banting, injek, dsb.
Eit tapi hati-hati juga kalo tidur siang, ada nyamuk yang berbahaya dan membawa penyakit, yakni nyamuk Aides aigepty si pembawa DBD alias Demam Berdarah Dong...!
Maka dari itu lindungilah juga tubuh anda atau jangan tidur pada pagi hari dimana nyamuk2 tersebut berkeliaran.

Demikian tulisan tentang tidur siang yang mudah2an bermanfaat. Kalo tulisan ini dibaca siang hari, Insyaallah ia akan coba praktek tidur siang tapi jangan di depan komputer ya... matiin dulu komputernya, cari posisi and tempat yang nyaman, dan terbanglah ke alam mimpi di siang hari. Semoga kapanpun dan dimanapun tidurnya senantiasa bermimpi indah dan positif sehingga saat bangun pikiran dan badan pun menjadi lebih segar untuk kembali berkarya bagi dunia kita tercinta.
wassalam.....

ricks_kartun

0 komentar: